Menginap di Marina Bay Sands Hotel? Cobain Wisata Kuliner Khas Singapura!

Menginap di Marina Bay Sands Hotel? Cobain Wisata Kuliner Khas Singapura!

Duh, tiba-tiba ikutan lapar pas lagi nulis ini…  Semua doyan makan dong? Bagi yang sedang diet, cheating dulu lah pas lagi liburan. Sayang banget, lho kalau gak nyobain makanan khas Singapura ini. Apalagi kalau kalian menginap di hotel terkece di Singapura alias Marina Bay Sands Hotel, pasti banyak restoran yang menghidangkan menu khas seperti di bawah ini.

Nasi Lemak

Menginap di Marina Bay Sands Hotel Cobain Wisata Kuliner Khas Singapura!

Nasi Lemak? Nasinya banyak gajihnya atau gimana, nih? Bukaaannnn… Nasi Lemak itu nasi dalam lemak, dan lemak di sini artinya berasal dari gaya memasak yaitu menggunakan santan dan sedikit dibumbui dengan daun pandan biar wangi semerbak. Nah, santan itu termasuk lemak nabati yang akan memberikan rasa gurih dan baunya yang harum. Menu ini digemari kalangan masyarakat Melayu, Tionghoa, dan India. Mirip seperti nasi uduk, yang membedakan cuma menu sampingan atau lauknya saja.

Fried Carrot Cake

Hidangan ini tidak mengandung wortel sama sekali dan cara masaknya itu ditumis, bukan berbentuk seperti kue, lho, lucu ya? Bahan utamanya justru tepung beras dan lobak putih atau yang biasa disebut dengan wortel putih. Resep legendaris ini jadi favorit untuk masyarakat Singapura selama bertahun-tahun. Nama lain dari Fried Carrot Cake adalah Chai Tow Kueh, biasanya sang juru masak sangat heboh saat memasak hidangan ini, suaranya berdentang ala-ala pemain teater, hehehe.

Char Kway Teow

Menginap di Marina Bay Sands Hotel Cobain Wisata Kuliner Khas Singapura!2

Kalau di Indonesia, biasa disebut kwetiauw. Menu ini digoreng di atas wajan panas bersama toge, kucai, udang, kerang, dan telur. Char Kway Teow adalah pengucapan bahasa Hokkien yang artinya potongan mie beras goreng. Pada awalnya hidangan ini dijual oleh para nelayan atau petani di malam hari, ini merupakan pekerjaan sampingan mereka untuk menambah penghasilan untuk menghidupi keluarga.

Hokkien Prawn Mee

Mie goreng dengan kaldu udang kental yang dijamin bikin nambah lagi, lagi, dan lagi. Harus banget nyobain menu ini kalau kalian menginap di Marina Bay Sands Hotel. Tapi biasanya hidangan ini mengandung babi, jadi pastikan bertanya dulu ya sebelum memesan. Menu ini dulunya “lahir” di asrama perang pelaut Hokkien dari Cina Selatan, mereka yang pernah bekerja di pabrik mie di Singapura, akan berkumpul di Rochor Road pada malam hari untuk menggoreng kelebihan mie dari pabrik dan terciptalah Hokkien Prawn Mee.

Chili Crab Singapore

Menginap di Marina Bay Sands Hotel Cobain Wisata Kuliner Khas Singapura!3

Daging kepitingnya memiliki tekstur lembut dengan rasa asam dan manis yang menyatu dengan telur meleleh menjadi satu di lidah, duh…. makin lapar, nih. Sausnya itu, lhoooo meresap ke dalam daging kepiting. Hidangan ini awal mulanya hanya dijual dari gerobak dorong milik sepasang suami istri pada tahun 1956, makin lama makin ditambah bumbunya dan sekarang menjadi hidangan paling digemari di Singapura.

Banyak yang lain kuliner Singapura yang harus kalian coba saat menginap di Marina Bay Sands Hotel, dijamin bikin nagih! Pesan hotelnya di Mister Aladin ya jangan lupa. Mister Aladin, teman travel terbaikmu!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s