Tata Cara Umroh yang Benar dari Persiapan Hingga Pelaksanaannya

Tata Cara Umroh yang Benar dari Persiapan Hingga Pelaksanaannya

Tata cara umroh yang benar harus diikuti agar jamaah yang sedang umroh dapat pulang bukan hanya dengan membawa oleh-oleh akan tetapi juga pengalaman spiritual yang akan selalu dikenang. Bahkan banyak juga yang rindu untuk datang kembali ke tempat bersejarah dan suci bagi umat muslim di seluruh dunia tersebut. Untuk aturan umroh sebagai salah satu ibadah suci memiliki tatacara sendiri yang harus ditaati oleh jamaah.

Tata cara melakukan umroh yang benar pertama adalah sunnah untuk mandi besar atau yang disebut dengan janabah. Setelah melakukan dan mengucapkan niat hal kedua yang harus dilakukan adalah memakai pakaian ihram yang khusus digunakan untuk haji dan murah. Pakaian tersebut juga memiliki aturan khusus yaitu tidak boleh dijahit. Untuk jamaah laki-laki biasanya mempunyai dua potong kain ihram untuk bawahan dijadikan sarung dan atasan untuk selendang menutupi bagian atas tubuh. Sedangkan untuk jamaah wanitanya menggunakan pakaian yang menutupi aurat yang diperlukan saja.

Tata Cara Umroh yang Benar dari Persiapan Hingga Pelaksanaannya

Setelah melakukan niat dalam hati dan telah sampai di batas daerah suci yaitu miqot jamaah akan melakukan shalat sunnah dua rakaat. Kemudian mengucapkan talbiyah bagi laki-laki akan lebih baik untuk suaranya terdengar dan dikeraskan, sedangkan untuk perempuan suaranya cukup hanya didengarkan oleh orang di sampingnya. Setelah sampai di Mekkah juga akan lebih baik untuk mandi lebih dulu karena sifatnya yang sunnah yaitu apabila dikerjakan akan mendapat pahala. Sedangkan apabila tidak dilakukan juga tidak akan mendapat dosa.

Setelah melakukan itu semua, tata cara umroh yang benar harus dilaksanakan seperti thawaf, Sa’i, dan kemudian mencukur rambut. Kegiatan thawaf biasanya dilakukan sebanyak 7 kali memutari ka’bah. Dimana 3 jalan cepat dan selebihnya jalan biasa. Kemudian setelah itu adalah Sa’i yaitu naik ke bukit shofa sampai ke bukit marwah. Dan terakhir adalah mencukur rambut minimal 3 helai di kepala. Untuk dapat melakukan itu semua seseorang memerlukan tuntutan dari biro jasa perjalanan umroh seperti Abutours misalnya. Terutama untuk jamaah yang baru pertama kali ke tanah suci untuk umroh.

baca juga artikel menarik lainnya disini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s